cafebisnis

Cara ganti theme wordpress dari halaman admin

Langkah-langkah cara ganti theme wordpress dari halaman admin.

Salah satu hal dari settingan wordpress yang paling sering diganti-ganti adalah theme wordpress. Gonta-ganti theme, tidak baik di mata Google atau mesin pencari lain. Jadi kalau mau ganti theme, kalau bisa jangan sering-sering.

Ada empat Cara ganti theme wordpress :

1. Cara ganti theme wordpress dari halaman admin wordpress dengan cara meng-upload file theme dalam format zip.

2. Cara ganti theme wordpress dari halaman admin wordpress dengan cara search dan pilih theme yang disediakan wordpress di halaman theme.

3. Cara yang ke-3, ganti theme wordpress melalui FTP. Menggunakan software FTP client filezilla, atau software FTP lain. Mengganti theme wordpress melalui FTP tidak jauh beda dengan cara install wordpress pakai FTP client. Yaitu tinggal seret file theme wordpress ke folder wp-content/themes.

4. Cara yang ke-4, kita bisa mengganti theme wordpress melalui fitur file manager yang ada di Cpanel hosting kita.

Tapi disini kita akan pelajari bagaimana cara ganti theme wordpress dari halaman admin atau dashboard wordpress.

Yang pertama, cara ganti theme dari halaman admin wordpress dengan cara mengupload file theme wordpress. Cara ini hanya berlaku untuk wordpress dengan hosting sendiri. Silahkan simak langkah-langkah berikut ini :

1. Siapkan File theme wordpress, biasanya dalam bentuk zip file. Tidak perlu anda extract. Biarkan dalam bentuk Zip.

2. Silahkan login ke halaman admin wordpress.

3. Pilih menu “Appearance” pada menu sisi kiri, klik submenu “Themes”.

4. Pilih tab “Install theme” :

cara-ganti-theme-wordpress5. Kemudian klik browse, cari file zip theme yang tadi telah anda siapkan lalu klik install new.

6. Setelah proses instalasi berhasil. klik “Activate”.

Yang kedua, cara ganti theme dari halaman admin wordpress dengan search lalu pilih theme yang disediakan wordpress pada halaman theme. Cara ini  bisa dilakukan pada wordpress dengan hosting sendiri maupun wordpress dot com. Penjelasannya di bawah ini :

Masih dalam halaman yang sama (halaman theme admin wordpress), pilih tab install themes, lalu klik search. Setelah tampil semua pilihan theme disitu, kita tinggal pilih-pilih theme mana yang disuka atau sesuai dengan tema blog wordpress kita. Kemudian tinggal aktifkan.

Nah, mudah kan cara ganti theme wordpress, simple dan cepat. Namun sekali lagi, usahakan pilih theme yang benar-benar sesuai, sehingga kita ngga perlu ganti-ganti theme. Agar robot-robot Google tetap nyaman mengindex halaman-halaman blog kita.

Semoga bermanfaat.

7 thoughts on “Cara ganti theme wordpress dari halaman admin

    • Di dashboard wordpress pilih menu USERS, klik sub menu YOUR PROFILE. di bagian NAME, isikan nama yang anda kehendaki, FIRST NAME dan LAST NAMEnya. Lalu scroll ke bawah, klik UPDATE PROFILE. Setelah itu pilih nama yang anda kehendaki itu di bagian : Display name publicly as . Terakhir scroll ke bawah, klik UPDATE PROFILE lagi. Semoga bisa cukup membantu ya.
      Terimakasih dah mampir sist..

  1. mantab om … penjelasannya lugas, beberapa artikel sudah sy baca dan sungguh sangat membantu hehehe ;)
    keep sharing mas_ jumpa lg nanti y

  2. hai.. mau nanya.. di tampilan wp-admin wordpress saya,
    tampilan
    SEARCH – UPLOAD – FEATURED – NEWEST – RECENTLY UPDATES
    tidak ada. harus diapain supaya muncul ya pak? makasih infonya

    • Hai sist, jangan panggil bapak ah, anak saya emank dah 3 tapi masih enak dipanggil mas koq hehe..
      Btw tentang SEARCH – UPLOAD – FEATURED – NEWEST – RECENTLY UPDATES, Maaf sist saya belum paham yang dimaksud karena di WP admin saya cari-cari juga tidak nemu menu-menu admin tersebut. Cuma analisa saya, mungkin yang mbak maksudkan adalah menu-menu di halaman install theme dan install plugin. Karena hanya disitulah ada sub menu SEARCH – UPLOAD – FEATURED – NEWEST – RECENTLY UPDATES, betul?

      Kalau memang betul perkiraan saya, maka, kalau menurut saya nih, mbak musti menimpa file theme-install.php lewat FTP. mbak download aja wordpress yang sesuai versinya dengan wp mbak saat ini, lalu ambil file theme-install.php dari script wordpress itu, timpakan di wp mbak saat ini, lewat FTP. Atau bisa juga dicopy, lalu paste dari halaman admin WP. Trus coba cek, muncu ndak. Kalau ndak muncul juga, upgrade aja wordpressnya pakai versi terbaru sist.

      Semoga membantu yah..
      Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>